Friday, August 22, 2014

Perencanaan Pemasaran untuk Bisnis

Dear Ednovate Partner,

Berikut ini BC Edukasi ttg Perencanaan Pemasaran utk Bisnis, semoga bermanfaat :)

1. SEGMEN MARKET.
Tentukan target pasar yg akan kita tuju. Misalnya: Gender, Usia, Area. Target pasar juga bisa dr kelas ekonomi: Kelas Menengah Atas, Menengah atau Kelas Bawah.

2. PRODUK.
Tentukan produk yg akan dijual. Produk ini bisa berupa barang/jasa. Kita perlu menyiapkan produk yang berkualitas & pelayanan yg baik serta tentukan apa yang menjadi kelebihan kita dibanding pesaing.

3. HARGA.
Tentukan harga untuk produk yang akan kita jual nanti. Harga yang ditentukan harus value for money. Penting untuk perhatikan harga yg ada dipasaran agar harga kita tetap bersaing.

4. PROMOSI.
Promosi untuk Bisnis bisa mencakup promosi offline dan online. Promosi offline bisa dengan iklan, menyebar brosur, membuka stand dll. Promosi online bisa dengan social media marketing, online Ad.

5. DISTRIBUSI.
Tentukan channel penjualan untuk produk kita. Bisa melalui toko offline/toko online. Toko online cukup efektif untuk meningkatkan penjualan dgn biaya relatif terjangkau. Lakukan strategi reseller untuk memperbesar channel penjualan.

6. STRATEGI SALES.
Susun daftar rencana strategi sales yang akan dilakukan misalnya dengan strategi diskon, strategi paket, voucher/kupon, penggunaan kartu anggota, point reward, trial produk, program hadiah dll.

Sumber: @Webpraktis @Ednovate

----------

Tuesday, August 12, 2014

5 M Tips Bisnis Pemula

5 M Tips Bisnis Pemula                                      :)

Dear Ednovate Partner,

Berikut ini BC Edukasi ttg 5 M Tips Bisnis Pemula, semoga bermanfaat :)

1. MENTAL

Mental jangan takut gagal harus dimiliki ketika akan memuli bisnis. Mental jangan menyerah harus dimiliki saat menjalani bisnis. Mental terus belajar harus dimiliki saat bisnis ingin terus dikembangkan.

2. MARKET

Market = Pasar = Konsumen. Kita harus tahu siapa calon pembeli kita. Kita harus bisa menentukan siapa target market kita. Target konsumen ini akan menjadi pembeli kita. Produk kita harus sesuai dengan target market.

3. MODAL

Modal memang penting ketika akan memulai bisnis, tapi jangan sampai karena kendala modal jadi ga membuka bisnis. Kita bisa membuat kerjasama atau mencari investor. Modal minim juga bisa membuka bisnis, caranya dengan menjadi reseller.

4. MARKETING

Marketing atau bahasa mudahnya adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran sangat penting dipelajari dan diketahui oleh semua pengusaha. Kita harus bisa membuat produk kita dikenal konsumen dan konsumen yakin dengan produk kita sehingga pembelianpun terjadi. Pemasaran mencakup 4 hal utama: Product, Price, Place dan Promotion (Marketing Mix)

5. MANAJEMEN

Ketika bisnis kita sudah dibuka, maka selanjutnya kita perlu mengembangkan bisnis dengan system manajemen yang baik.

Hal paling mendasar adalah manajemen keuangan dan SDM. Kita harus melakukan pengaturan uang yang masuk dan keluar.

Kita juga perlu mengembangkan SDM yang ada, sehingga bisnis jadi lebih berkembang.

Sumber: @Webpraktis Ednovate

----------

----------

Sekian sharingnya, silakan dibagikan jika bermanfaat :)