Friday, August 22, 2014

Perencanaan Pemasaran untuk Bisnis

Dear Ednovate Partner,

Berikut ini BC Edukasi ttg Perencanaan Pemasaran utk Bisnis, semoga bermanfaat :)

1. SEGMEN MARKET.
Tentukan target pasar yg akan kita tuju. Misalnya: Gender, Usia, Area. Target pasar juga bisa dr kelas ekonomi: Kelas Menengah Atas, Menengah atau Kelas Bawah.

2. PRODUK.
Tentukan produk yg akan dijual. Produk ini bisa berupa barang/jasa. Kita perlu menyiapkan produk yang berkualitas & pelayanan yg baik serta tentukan apa yang menjadi kelebihan kita dibanding pesaing.

3. HARGA.
Tentukan harga untuk produk yang akan kita jual nanti. Harga yang ditentukan harus value for money. Penting untuk perhatikan harga yg ada dipasaran agar harga kita tetap bersaing.

4. PROMOSI.
Promosi untuk Bisnis bisa mencakup promosi offline dan online. Promosi offline bisa dengan iklan, menyebar brosur, membuka stand dll. Promosi online bisa dengan social media marketing, online Ad.

5. DISTRIBUSI.
Tentukan channel penjualan untuk produk kita. Bisa melalui toko offline/toko online. Toko online cukup efektif untuk meningkatkan penjualan dgn biaya relatif terjangkau. Lakukan strategi reseller untuk memperbesar channel penjualan.

6. STRATEGI SALES.
Susun daftar rencana strategi sales yang akan dilakukan misalnya dengan strategi diskon, strategi paket, voucher/kupon, penggunaan kartu anggota, point reward, trial produk, program hadiah dll.

Sumber: @Webpraktis @Ednovate

----------

No comments:

Post a Comment